Ramadhan-ku Waktu Kecil

Seingatku, aku mulai dikenalkan berpuasa oleh orang tua sejak umur 4 tahun. Setiap sahur, berbuka dan sholat Taraweh aku selalu diikutkan. Walau sebenarnya aku tidak tahu untuk apa sahur, berbuka dan Taraweh. Yang aku ingat, aku senang dan bahagia mengikuti setiap aktivitas tersebut karena waktu itulah kebersamaan itu terasa. Orang ramai-ramai makan bersama setiap pagi sebelum Shubuh dan Maghrib. Di luar bulan puasa mana ada acara makan-makan bersama kecuali kalau ada acara baralek (pernikahan).

Kalau Taraweh, aku selalu diajak oleh nenek. Jarak masjid dari rumah tidak begitu jauh, kira-kira 100 meter. Aku selalu dikenakan pakaian muslim laki-laki atau sekarang dikenal dengan baju koko. Jemaah masjid gemas melihatku rajin menemani nenek ke masjid untuk Taraweh apalagi dengan menggunakan pakaian taqwa dan kopiah hitam. Pada saat anak-anak kecil sibuk bergelut di pelataran masjid ketika orang sholat aku lebih suka mengikuti bapak-bapak sholat Isya, mendengarkan ceramah Ramadan dan Taraweh berjamaah, walau terkadang lebih sering keletihan karena jumlah rakaatnya 23.

Beranjak umur 7 ketika masuk SD, aku sudah mulai ditegaskan oleh orang tua untuk berpuasa 1 hari penuh tidak setengah hari seperti sebelum-sebelumnya. Karena sudah dididik sejak umur 4 tahun aku tidak merasa berat melaksanakan puasa 1 hari penuh. Bahkan, yang aku ingat adalah puasa berarti sering makan bersama, sholat berjamaah di masjid, dapat baju baru dan sepatu baru di akhir Ramadhan serta banyak makanan enak-enak saat Lebaran.

Sebagai anak-anak di kota Padang, kami punya tradisi menambang yaitu silaturahim ke rumah-rumah tetangga baik yang dikenal maupun yang tidak sambil mengharapkan si empunya rumah memberi kami uang THR atau uang tambangan. Setelah puas berkeliling dalam rangka menambang maka kami akan membelanjakan uang tersebut mainan anak-anak. 

Mainan favoritku waktu kecil adalah senjata mainan baik yang berisi air, butiran peluru maupun sekedar hanya berbunyi ketika ditarik pelatuknya.

Bagiku, Ramadhan adalah bulan kesenangan, kebersamaan dan berakhir dengan kebahagiaan.

Keterangan: Ini tulisan tahun 2011, tepatnya 18 Agustus 2011 yang kutulis dalam rangka mengikuti lomba menulis tentang Ramadhan yang diselenggarakan oleh Telkomsel melalui blog Kompasiana.com (http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/08/18/ramadhan-ku-waktu-kecil-389329.html)

Posting Komentar

0 Komentar

Instructions

Berlangganan Melalui E-mail

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel terbaru saya:

Web Analytics

Lokasi Pengunjung Hari Ini