Senin, 20 Juni 2016

CATATAN PASCA MUSDA II KAHMI PARIAMAN (2)

Setelah puas dan bahagia dengan pelantikan yang sangat meriah dan ramai dihadiri oleh tokoh-tokoh penting Pariaman dan Padang Pariaman, pengurus mulai menata Kahmi Pariaman sesuai dengan AD/ART Kahmi.

CATATAN PASCA MUSDA II KAHMI PARIAMAN (1)

Sejak awal bekerja di Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sebagai PNS tahun 2005 lalu, saya mencoba mencari tau apakah KAHMI Pariaman sudah terbentuk.

LAPAU MAYA

Sumber Foto: http://www.bekasiurbancity.com/
dunia-maya-yang-kian-menyerupai-dunia-nyata/
Saat ini sedang trend diskusi di dunia maya melalui berbagai aplikasi media sosial. Diskusi terkonsentrasi dalam group group terbatas. Group alumni sekolah, organisasi, kantor, dll. Topik diskusi bermacam ragam. Ada yang serius, setengah serius, nostalgia, dan lain sebagainya.

Jumat, 10 Juli 2015

Logika Sedekah

Sumber gambar: http://dlucky14.wordpress.com
Sebuah tulisan bagus dari bapak Ruslan Ismail Mage yang dimuat di Koran Harian Singalang Minggu (5 Juli 2015) yang berjudul LOGIKA SEDEKAH. Saya ulang posting di sini agar yang belum sempat baca dapat mengambil hikmah di dalamnya. Saya coba persingkat sedikit tulisan beliau dan saya beri sedikit tambahan komentar di bagian akhir.

Sedekah, wilayah transedental yang tidak bisa dilogikan. Hanya bisa dikaji dan didekati menggunakan pendekatan keyakinan dan keimanan. Mungkin ini salah satu faktor yang menyebabkan begitu banyak orang yang kelebihan uang, tapi belum membudayakan sedekah dalam hidupnya, sampai tidak tahu cara membelanjakannya. Nampaknya keyakinan dan keimanan berbanding lurus dengan sedekah. Semakin tinggi keimanan seseorang semakin tinggi semangatnya bersedekah, sebaliknya semakin rendah keyakinan seseorang semakin rendah pula semangatnya bersedekah.

Dalam surat al-Qur'an surat Adz-Dzariyat ayat 19 Allah berfirman “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian”. Sepintas ayat tersebut tidak bisa dilogikan, karena kita yang bekerja keras siang dan malam, bekerja kepanasan, kehujanan untuk mendapatkan rezeki dikatakan ada rezeki orang lain di dalamnya. Orang lain tidak membantu tetapi memiliki hak dalam rezeki yang kita dapat dengan cucuran keringat.

Dimana letak logika surat tersebut? Coba ikuti ilustrasi sederhana berikut:
Sekitar jam lima pagi biasanya petugas kebersihan kota sudah menyapu daun-daun kering yang banyak bertebaran di jalan, serta menyingkirkan batu-batu yang bisa membahayakan pengendara motor. Anda pun melaju dengan aman menuju tujuan. Di perempatan jalan ada seorang bapak tua mengatur jalan supaya tidak semrawut karena tiba-tiba lampu pengatur jalan macet. Anda pun terhindar dari kemacetan yang bisa merampas waktu produktif Anda bekerja. Sampai di kantor tidak bisa memarkir motor karena sudah penuh tempat parkiran, lalu tukang parkir menggeser motor yang lain untuk mempersilahkan Anda memarkir motor. Sampai di ruangan kerja suasana ruangan sudah bersih disertai segelas air teh di atas meja kerja. Sesaat kemudian Anda menjalankan pekerjaan dengan perasaan tenang dan damai. Begitulah yang terjadi setiap hari sampai akhir bulan Anda menerima gaji.

Sadarkah Anda, ketika setiap hari berangkat ke kantor untuk menjemput rezeki, ternyata begitu banyak bantuan orang lain. Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa ada empat orang (tukang sapu jalanan, bapak tua pengatur jalan, tukang parkir dan petugas kebersihan kantor) yang sudah membantu memuluskan perjalanan dan langkah Anda dalam menjemput rezeki. Lalu adilkah Anda ketika ternyata setiap saat dibantu oleh orang-orang kecil dan lemah, tetapi tidak berbagi ketika mendapat rezeki?

Dengan memahami logika sedekah ini maka tidak ada lagi alasan untuk tidak bersedekah terlebih di bulan Ramadhan penuh berkah ini. Kalau tidak! Jangan terlalu berharap Allah SWT akan memerintahkan malaikat-Nya menggerakkan hati hamba-hambaNya yang lain untuk memberimu pekerjaan kalau tidak terbiasa memberi kepada orang lain. Jangan terlalu bermimpi bisa menerima pekerjaan lebih baik kalau jarang membuat orang lain tersenyum bahagia menerima pemberiannya. Untuk itu, jangan pernah ragukan, ketika Anda memberi maka yakini Anda menerima.

Tambahan dari saya:
Memahami logika Ruslan di atas, saya perhatikan di kantor saya, sebagian kecil senior yang berada di posisi kepala sering melakukan berbagi rezeki kepada pegawai posisi staf apalagi mendekati Lebaran. Semoga kebiasaan tersebut tetap langgeng dan meningkat dari segi kuantitas.

Perilaku Menyimpang Hubungan Sejenis

Ilustrasi: http://insan-awam.blogspot.com
Dalam agama, keyakinan, budaya mana pun tidak ada yang membenarkan hubungan sesama jenis. Dalam Al-Qur'an, Injil dan Taurat jelas dikisahkan kebinasaan negara dan bangsa yang menghalalkan hubungan sejenis. Kisah negeri Sodom dan Gomorah adalah kisah yang sangat jelas menceritakan kebinasan negeri yang menghalalkan hubungan sejenis. Kisah ini diwahyukan Tuhan sebagai peringatan bahwa hubungan menyimpang ini menyimpan keburukan yang sangat luar biasa bagi peradaban umat manusia.

Tuhan menciptakan dunia dan isinya selalu berpasangan. Ada malam dengan siang. Kiri dengan kanan. Jantan dengan betina. Laki-laki dengan perempuan. Putik bunga dengan sari bunga. Positif dengan negatif. Ion positif dengan ion negatif. Maksud Tuhan menciptakan sesuatu di dunia ini berpasangan tentu punya maksud yang jelas dan logis. Dan hal itu sudah terbukti dalam catatan sejarah dunia. Andaikan saja perbuatan seksualitas sejenis dibenarkan apakah catatan sejarah dunia akan berlanjut? Sederhana saja, umat manusia tidak akan berkembang biak dan berhenti pada satu titik tertentu dan akhirnya dunia menjadi kosong dari manusia.

Homoseks dalam Alkitab:
”Alkitab mengatakan dengan jelas bahwa Allah merancang agar hubungan seks dilakukan hanya di antara pria dan wanita, dan hanya dalam ikatan perkawinan. (Kejadian 1:27, 28; Imamat 18:22; Amsal 5:18, 19) Alkitab mengutuk percabulan, yang mencakup perilaku homoseksual maupun heteroseksual terlarang.”*—Galatia 5:19-21.

Homoseks dalam Kitab Imamat (salah 1 dari 5 kitab Taurat):
Imamat 18:22 mencatat: "Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, karena itu suatu kekejian." Ayat ini menjadi dasar larangan bagi laki-laki untuk berhubungan kelamin sesama jenis.

Meskipun hubungan antara homoseksualitas dan agama dapat bervariasi sepanjang waktu dan di sejumlah tempat, badan otoritatif saat ini dan doktrin agama terbesar di dunia umumnya memandang homoseksualitas sebagai sesuatu yang negatif. Hal ini dapat berkisar dari diam-diam menolak aktivitas homoseksual, hingga melarang praktik hubungan seksual sesama jenis antarumat secara eksplisit dan secara aktif menentang penerimaan sosial terhadap homoseksualitas. Beberapa pihak mengajarkan bahwa orientasi homoseksual itu sendiri adalah dosa,[195] sementara Gereja Katolik menegaskan bahwa hanya tindakan seksual yang berdosa.[196] Beberapa pihak mengklaim bahwa homoseksualitas dapat disembuhkan melalui iman dan praktik keagamaan (Wikipedia).

Perilaku menyimpang homoseksualitas adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Pertama, jangan jauhi, caci maki dan hindari manusia yang mengidap perilaku menyimpang tersebut. Dekati mereka dengan hati. Ajak mereka merenungi arti keberadaan manusia di muka bumi. Jika mereka dijauhi, mereka akan berkumpul menggalang kekuatan dan akhirnya akan merebut dominasi dunia dengan memproklamirkan diri sebagai pengidap perilaku menyimpang seperti yang terjadi di USA baru-baru ini.

Tuhan Tidak Adil?

Sumber foto: http://www.merdeka.com
Seorang teman Facebook memposting sebuah kabar mengejutkan ditemukannya sesosok jabang bayi yang sudah tidak bernyawa di bantaran sungai. Sang bayi ditemukan masih lengkap dengan ari ari menempel di pusarnya. Disinyalir, sang bayi adalah hasil hubungan illegal pasangan yang tidak bertanggung jawab.

Tak pelak, postingan yang dilengkapi dengan foto jabang bayi menuai banyak komentar. Mayoritas komentar sangat mengutuk perbuatan orang yang telah membuang bayi yang tidak berdosa tersebut. Caci maki, sumpah serapah dan sedih mengharu biru menghiasi kolom komentar di postingan teman tersebut.

Dari sekian banyak komentar tersebut ada satu komentar yang sangat miris saya baca. Komentar tersebut datang dari seorang ibu yang mengaku sangat sedih melihat nasib sang jabang bayi sekaligus geram dengan perilaku manusia yang telah membuang bayi ke sungai tersebut.

Dengan geram dia menulis: "Manusia tidak beradab, tidak bermoral! Bayi yang tidak berdosa dibuang seperti membuang sampah ke selokan. Tuhan tidak adil! Saya yang sudah belasan tahun menunggu datangnya seorang bayi tidak pernah dikasi. Ini, orang yg tidak beradab ini, dikasi Tuhan anak malah dibuang... Tuhan memang tidak adil....!!!"

Masya Allah....!!! Tuhan dihujat tidak adil karena membandingkan dirinya dengan diri orang yg membuang anak. Padahal Tuhan itu Maha Adil (Al 'Adl).

Si ibu penghujat Tuhan tadi tidak sadar bahwa keadilan Tuhan sudah berlaku saat si pembuang bayi melakukan perbuatan dosa dengan maksiat. 
Dia tidak sadar bahwa si pembuang bayi sebenarnya sudah menabung 3 dosa, 1 dosa berbuat zina, 2 dosa membuang bayi dan 3 dosa membunuh makhluk Tuhan yang bernyawa. Sementara si ibu sebelum dia menghujat Tuhan sebenarnya sedang menabung kebaikan yaitu berikhtiar memiliki anak sebagai amanah dari Tuhan. Jika saja tergerak hatinya untuk mengadopsi anak maka pahalanya sungguh luar biasa berlipat ganda.

Namun, sayang sekali, si ibu tidak sabar menunggu keputusan Tuhan yang dihujatnya tidak adil....

Kiat Berhenti Merokok

Sumber foto: http://meetdoctor.com
Doni adalah seorang perokok berat. Bahkan bisa dibilang dia sudah kecanduan merokok. Namun, dia berniat untuk berhenti, dan mencari cara berhenti merokok. Doni mendatangi seorang dokter untuk berkonsultasi.
Doni : "tolong dok beri saya petunjuk supaya kebiasaan merokok saya bisa ilang"
Dokter : "memang kamu beneran niat untuk berhenti?"
Doni : "iya dok, saya udah coba berbagai cara tapi kecanduan saya masih aja ga ilang-ilang"
Dokter : "saya punya metode yang sangat ekstrim. Caranya begini tiap kamu mau ngerokok, batang rokok itu kamu oleskan tai ayam lalu kamu cium, anda pasti jijik dan ga mau ngisep rokok itu, lakukan berulang-ulang tiap anda merasa ingin merokok sampai anda benar-benar ga mau lagi merokok"
Singkat cerita Doni mempraktekkan saran si dokter dan beberapa bulan kemudian dia datang kembali menemui dokter
Dokter : "wah, anda kan yang waktu itu ingin berhenti merokok kan, gimana manjur ga metode saya?"
Dengan nada meninggi dan penuh emosi Doni membeberkan yang sudah terjadi
Doni : "Metode anda memang manjur, dok. Sekarang saya sudah tidak kecanduan rokok lagi."
Dokter : "Bagus dong, kalau begitu?"
Doni : Bagus apanya? Sekarang saya malah kecanduan ngisep tai ayam!!!"
Dokter : @$&*()#$%

Beda Keyakinan

Ilustrasi: http://fahriemje.blogspot.com
Budi merupakan seorang pemuda yang sekian lama hidup sendiri hingga kemudian menemukan Tuti sang pujaan hati. Setelah mereka menikah, usia pernikahan mereka tidak berlangsung lama karena adanya perbedayaan keyakinan. Rohim yang adalah sahabat Budi mempertanyakan hal tersebut.
Rohim: "Kenapa kalian bisa bercerai sob, apa masalahnya?"
Budi: "Kita itu beda keyakinan bro, aku tak tahan lagi."
Rohim: "Loh, bukannya kalian seagama?"
Budi: "Iyalah, memang sob."
Rohim: "Lalu kenapa sampai bercerai karena perbedaan keyakinan?!"
Budi: "Selama ini aku selalu yakin bahwa aku ini ganteng, tapi Tuti tidak bisa menerima keyakinanku itu dan selalu mempermasalahkannya...."
Rohim: ???!!!!

Menjadi Pemimpin Itu Mudah!

Ilustrasi: http://dhany1412.blogspot.com
"Menjadi pemimpin itu mudah," kata mantan Asisten II Kab. Padang Pariaman, pak Yuheldi, kepada saya pada suatu kesempatan beberapa tahun yang lalu.

"Kok mudah pak?" tanya saya heran. "Saya liat memimpin itu sangat sulit pak," bantah saya lagi.

"Apanya yang sulit, cukup melakukan tiga hal saja sudah bisa memimpin," jelas pak Yuheldi yang pernah mencalon sebagai Wakil Walikota Padang Panjang.

"Apa saja tiga hal tersebut pak?" tanya saya mengejar.

"Mengangguk, Menggeleng dan Marah-Marah, cukup itu saja!" tandasnya tegas.

"Cuma itu pak?" tanya saya heran. Mudah banget jadi pemimpin kalau begitu pikir saya. Kalu cuma itu semua orang juga bisa memimpin, bisik saya dalam hati.

"Iya, cuma itu...," katanya lagi. Kemudian dia menjelaskan secara singkat tiga pekerjaan pemimpin tersebut.

Di pemerintahan, misalnya di tingkat kabupaten. Pemimpin itu Bupati, memiliki ribuan orang hebat lulusan perguruan tinggi dari yang terkemuka sampai yang akreditasinya dipertanyakan. Mulai berijazah SD sampai Profesor. Mereka bekerja memeras otak dan tenaga memikirkan dan memajukan kabupaten tersebut. Pemikiran mereka tuangkan dalam bentuk proposal, telaah staf atau lisan langsung kepada bupati. Bupati tidak perlu baca semua pemikiran tersebut karena secara berjenjang sudah ada yang membacanya. Jika bupati tidak yakin dengan pembacaan bawahannya diserahkan kepada konsultan yang dibayar dari uang daerah. Setelah dibaca dan diparaf oleh bawahannya bupati tinggal bikin persetujuan (anggukan) dalam proposal/telaah staf tersebut. Kalau tidak setuju tinggal mengembalikan (menggeleng) kepada bawahan untuk diperbaiki. Kalau tidak memenuhi harapan tinggal marah-marah kalau perlu dimutasikan.

"Mudahkan?" tanya pak Yuheldi setelah menjelaskan panjang lebar kepada saya.

"Namun, untuk bisa mengangguk, menggeleng dan marah-marah tentu tidak bisa semudah itu. Itu membutuhkan kemampuan, kecerdasan, kecerdikan, mentalitas yang telah teruji beberapa waktu dan kesempatan," jelas pak Yuheldi lagi.

"Sekolahnya tidak hanya di lembaga pendidikan juga di masyarakat, organisasi, dll. Kalau perlu butuh jatuh bangun dulu dalam kehidupan....," kata pak Yuheldi sambil menatap foto Gubernur Sumbar yang tergantung di ruang kerjanya.

Fenomenal Ustad Danu

Ustad Danu (Sumber foto: http://catatanbangnayar.blogspot.com)
Kenal dengan Ustad Danu?

Ustad Danu dikenal sebagai ustad yang mampu mendiagnosis penyakit seseorang secara cepat dan cepat pula memberikan saran dan advis obatnya.
Obat yang disarankan Ustad Danu lah yang membuat ustad ini menjadi fenomenal. Obatnya selalu merujuk kepada hati dan perilaku sehari-hari si pasien.

Menurut Ustad Danu, beberapa penyakit yang terjadi biasanya disebabkan oleh tingkah laku sehari-hari orang tersebut. Kalau mau sembuh, orang tersebut harus mampu mengubah sikapnya menjadi lebih baik. Sebagaimana dikutip dalam sebuah blog Catatan Bang Nayar

Banyak saran dan advis Ustad Danu yang tidak masuk logika akal sehat. Itu yang terlihat pada diri Deddy Corbuzier sewaktu mengundang Ustad Danu dalam acara Hitam Putih di stasiun Trans7. Dari awal sampai akhir tayangan, raut wajah Deddy menunjukkan ketidakmengertiannya dengan ucapan Ustad Danu. Misal, waktu salah seorang penonton menanyakan penyakit lututnya yang bengkak dan apa obatnya. Ustad Danu menjawab bahwa lutut yang bengkak disebabkan oleh cara si penanya berbicara dengan suami atau anaknya. Atau seorang penonton yang lain menanyakan apa penyebab polip rahim yang diidapnya dan bagaimana mengobatinya. Ustad Danu bertanya ke si penonton apakah dia suka berbicara terburu-buru, bersemangat dan cenderung memaksakan pendapat? Dengan malu-malu kucing si penanya menjawab benar. Bahkan dia menambahkan dia suka bergosip dan suka mendominasi pembicaraan. Lalu Ustad Danu memberi saran untuk merubah cara berbicara, sabar, hormati lawan bicara. Kepada penanya yang lututnya bengkak Ustad Danu menyarankan untuk bersabar dengan suami atau anaknya. Jangan terlalu memaksakan kehendak agar dituruti permintaannya.

Kalau dipikir secara logika apalagi medis, pengobatan ala Ustad Danu ini jelas tidak bisa diterima. Namun, kalau diliat dari dalil naqli atau merujuk ke Al-Quran dan Hadis Nabi, pengobatan Ustad Danu ini mendapat landasannya. Seperti hadis Nabi Muhammad yang mengatakan: "Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia.”

Segumpal daging yang dimaksud adalah hati. Jika hati penuh dengan hasad, hasud, dengki, iri, kesal, marah, dongkol, dll maka akan memicu berbagai penyakit. Dalam Al-Quran banyak ayat yang menyuruh manusia untuk sabar menghadapi masalah apa pun. Jika tidak sabar maka hati menjadi kesal, dongkol dan marah dan pada gilirannya membuat hati rusak dan sakit pun mudah datang.

Ada surat dalam Al-Quran yang terkenal menceritakan soal hati. Surat QS al-Fajr [89]: 27-30: "Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai; lalu masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku."

Jiwa atau nafs yang tenang akan menenangkan hati. Hati yang tenang dan bersih akan membawa kepada kesehatan dan keberkahan dari Allah.

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Kebahagiaan

Razia Warung Kelambu oleh Satpol PP Kota Padang (Sumber foto: sumbar.antaranews.com)
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kebahagiaan...

Semua orang berbahagia menyambutnya. Ada yang menyambut dengan mengadakan doa bersama di rumah. Ada yang menyambut dengan balimau ke sungai. Ada yang menyambut dengan membersihkan hati dan silaturahim dengan bermaaf-mafan dengan karib kerabat, handai taulan dan tetangga sebelah menyebelah.

Jika ada yang tidak bahagia karena kuatir tidak akan bisa bebas makan, minum, merokok, dll di siang hari maka itu manusiawi. Tidak perlu disindir tidak beriman.

Anak-anak dan remaja juga tidak ketinggalan bahagianya. Mereka membayangkan selama 30 hari akan menemukan suasana kebersamaan dalam keluarga. Berkumpul dan menyantap sahur dan berbuka bersama-sama. Pada bulan biasa mungkin langka terjadi. Mereka juga membayangkan akan selalu berkumpul dengan teman-temannya di mesjid walau kadang meninggalkan sholat Tarwih berjemaah...
Semua orang bahagia walau ada sebagian yang tidak sepenuhnya bahagia menyambutnya... Tidak mengapa itu biasa karena tingkatan kebahagiaan seseorang menyambut sesuatu pasti berbeda-beda

Hanya saja, kebahagiaan sebagian besar umat Islam menyambut bulan Ramadhan "terpaksa" menghambat kebahagiaan orang lain dalam mengais rezeki. Mereka adalah para penjual makanan yang dilarang oleh himbauan Pemerintah Daerah untuk tidak berjualan mulai dari jam 6 pagi sampai 4 sore. Padahal, saya yakin, mereka berjualan d siang hari tidak ada niat sedikitpun untuk tidak menghormati orang yang sedang berpuasa. Mereka tidak secara vulgar membuka warung makannnya. Warungnya ditutup kelambu. Konsumen mereka pun terbatas hanya orang yang tidak beriman dan orang yg diperbolehkan untuk tidak puasa seperti sakit, menyusui, hamil, musafir, dll. Mereka hanya mencari rezeki untuk keluarga.

Selama 30 hari penjualan mereka terganggu. Padahal d hari biasa pun belum tentu jualan mereka laku mendapatkan keuntungan. Mudah-mudahan ada solusi dari masalah ini sehingga kedatangan bulan Ramadhan membahagiakan semua orang baik yang berpuasa atau yg tidak, orang Islam maupun non Islam....

Semoga.....

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

Ilustrasi: punyasaya.co
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan berkah.

Kondisi ini sangat dirasakan sekali oleh pengurus mesjid.

Di luar bulan Ramadhan, pengurus mesjid kehilangan akal mengajak jemaah untuk sholat berjamaah di mesjid, mengikuti majelis taklim. Di luar bulan Ramadhan, kotak infak dan sadaqah lama baru terisi penuh. Walaupun di bulan Ramadhan tagihan listrik meningkat naik namun, alhamdulillah, ada sebagian daerah, PLN menggratiskan tagihan listrik untuk mesjid.

Di bulan Ramadhan lah mesjid penuh sesak oleh jemaah mendirikan sholat 5 waktu tanpa diajak atau diseru secara berlebihan. Di bulan Ramadhan lah kotak infak dan sadaqah terisi penuh. Di bulan Ramadhan lah jemaah antusias mendengarkan tausyiah ustad...
Hanya di bulan Ramadhan....

Alhamdulillah, daripada di bulan Ramadhan juga sepi, ya nggak?

Ikan Larangan Di Padang Pariaman

Ikan Larangan di Aua Malintang, Kab. padang Pariaman (Sumber Foto: Situs suarakomunitas.net)
Hampir semua sungai, batang aia atau perairan publik di darat di Kabupaten Padang Pariaman merupakan daerah ikan larangan/ikan unduhan/ikan baniek.

Ikan larangan adalah kawasan perairan darat yang diniatkan oleh pemuka masyarakat/pemuka agama/pemuka adat melalui sebuah prosesi acara. Dalam niatnya mereka mengatakan bahwa ikan-ikan yang ada di dalam air tersebut terlarang untuk ditangkap/dipancing sampai batas waktu niat tersebut dibuka melalui sebuah prosesi acara pula. Pada saat dibuka tersebut masyarakat dipersilahkan menangkap/memancing ikan sepuasnya. Ada beberapa daerah yang mewajibkan membayar sedeqah untuk kepentingan masjid atau nagari.

Di satu sisi, adat/tradisi ini sangat bermanfaat menjaga populasi ikan di dalam sungai. Selama beberapa waktu (terkadang 1 atau 2 tahun) ikan-ikan di dalam sungai dibiarkan berkembang biak dan tumbuh besar. Di sisi lain, tradisi ini juga ikut menjaga ekosistem sungai agar tidak rusak tercemar aktivitas berlebihan dari masyarakat dalam mengeksploitasi sungai dan sumber dayanya.

Namun, ada satu sisi lagi yang secara tidak langsung yang memberi manfaat positif dari adat ikan larangan tersebut yaitu: Mendidik masyarakat supaya tidak suka bersantai-santai menghabiskan waktu produktif dengan memancing ikan setiap hari.

Rabu, 24 Juni 2015

Tanda-Tanda Peringatan Dari Allah

Sumber foto: http://glucogen.net/mengatasi-rambut-uban-di-usia-muda.html
Sehabis sholat Tarawih di mesjid depan rumah, seorang sahabat bercerita soal mimpinya tadi malam.

Sahabat: Andri, tadi malam saya mimpi aneh lah.

Saya: Mimpi apa? Tanyaku.

Sahabat: Saya bermimpi didatangi sesosok makhluk yang mengaku Malaikat Izrail malaikat penyambut nyawa.

Saya: Lalu, apa yang dilakukan Malaikat Izrail tersebut padamu?

Sahabat: Dia mengatakan bahwa dia datang untuk mencabut nyawaku. Aku kaget dan langsung protes.

Saya: Ha! Benarkah? Lalu, apa protes mu kepadanya?

Sahabat: Aku protes, kenapa tanpa pemberitahuan anda langsung datang mencabut nyawaku. Aku katakan padanya, menurut ustad yang kudengar pengajiannya, manusia akan dicabut nyawanya setelah diberi peringatan atau pemberitahuan dulu oleh Allah SWT. Sementara, aku mau dicabut nyawaku tanpa pemberitahuan atau tanda-tanda peringatan sedikit pun.

Saya: Lalu, apa jawab makhluk tersebut?

Sahabat: Dia tidak menjawab. Dia tersenyum sambil menunjuk rambutku yang beruban, kemudian ditunjuknya kerutan di kening dan tepi kedua mataku. Aku bertanya, ada apa dengan rambut dan keningku? Dia menjawab, uban di rambutmu, kerutan di kening dan tepi matamu adalah peringatan yang nyata. Bukankah kamu tidak kuat lagi bekerja keras. Selalu sakit-sakitan, sering sakit kepala, tulang belulangmu selalu terasa nyeri, nafasmu seudah mulai sesak ketika menaiki tangga katanya, itu beberapa tanda peringatan dari Allah bahwa umurmu sudah dekat ajal.

Aku terdiam mendengar cerita sahabatku itu. Apa yang dikatakan makhluk dalam mimpinya adalah gambaran kondisi tubuhku saat ini. Apakah kisah mimpi sahabatku merupakan peringatan kepadaku?

Jumat, 19 Juni 2015

Hal-Hal yang Harus Dihindari Selama Ramadhan

1. Jangan tidur di siang hari dan sholat sepanjang malam. Dengan cara itu anda membalik siang jadi malam dan malam jadi siang, yg bukan merupakan tujuan puasa.

2. Jangan bermalas-malasan dan tak berbuat apa-apa di siang hari.

3. Jangan buang waktu main 'game' di siang hari. Lebih baik, senangkan Allah dengan lebih banyak ibadah kepada Nya.

4. Hindari pesta-pesta berbuka puasa. Ramadhan tak dimaksud kan sebagai 'bancaan' / 'food extravaganza'.

5. Jangan minta istrimu menghabiskan Ramadan di dapur. Makanlah sesuatu yg ringan dan cepat. Biarkan dia pun banyak berdoa'a dan memanfaatkan Bulan Pengampunan itu.

6. Gunakan 10 hari terakhir untuk beribadah kpd Allah daripada mencoba mempersiap kan Idul Fitri! Satu hari yg lebih baik daripada 1000 bulan terdapat di antara 10 hari itu. Jangan kehilangan kesempatan itu.

7. Jangan berjaga sepanjang malam. Badan mu punya hak untuk istirahat, dan bila ia butuh istirahat, istirahat lah.

8. Hindari silaturohim berlebihan setelah Tarawih.

9. Hindari banyak belanja di bulan Ramadhan.

10. Jangan makan sepanjang malam.

11. Perbanyaklah ibadah kepada Allah, bukan berkeliaran semalaman.

12. Idul Fitri tak butuh banyak persiapan. Jangan masuk jebakan itu! Biasa saja, itu lebih diberkati.

Semoga kita mendapati Ramadhan yg menjelang dalam kondisi lebih sehat - Aamiin....

Kesalahan umum saat Ramadhan:

1. Minum Milkshakes dengan sirup dll setiap hari.

- Alasan: Itu mengandung banyak gula, pengawet dan pewarna. Itu tak sehat
- Solusi: Kalau merasa harus, minumlah maksimal 2 kali seminggu.

2. Minum banyak air saat berbuka.

- Alasan: Memenuhi lambung dengan air lebih membebaninya daripada dengan makanan.
- Solusi: minumlah beberapa teguk saat berbuka, lalu segelas setiap 2 jam.

3. Olahraga langsung setelah berbuka.

- Alasan: saat itu aliran darah terpusat disekitar lambung.
- Solusi: Olahragalah dua jam setelah makan untuk baik bagi pencernaan.

4. Mengunyah dan menelan makanan dengan cepat.

- Alasan: mengunyah makanan secara perlahan mempercepat pencernaan dan membantu menjaga berat badan.

5. Makan makanan penutup langsung setelah berbuka.

- Alasan: Itu bikin pusing dan ngantuk.
- Solusi: tunggu sekitar 2 jam antara berbuka dengan makanan penutup agar anda tetap segar dan terjaga untuk sholat Isha dan tarawih.

6. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi (asin).

- Alasan: Garam memicu rasa haus sepanjang siang saat puasa.
- Solusi: sebaliknya, makan makanan yg banyak mengandung potassium, itu menahan air dan menekan rasa haus.

# Pisang ber-potassium tinggi. Makan pisang saat Sahur dapat mngontrol tingkat haus anda sepanjang hari.

# Sumber potassium untuk Sahur:
- pisang
- susu
- korma
- alpukat
- buah persik/peach kering
- kacang pistachios
- labu kuning
- kacang polong
- chocolate pahit

# Terburuk untuk Sahur:
- biryani
- kebab
- pizza
- makanan2 siap saji
- keju
- haleem?

# Terbaik untuk Sahur:
- kentang
- nasi
- korma
- roti gandum utuh
- pisang

# Minum banyak air saat Sahur sangat penting, tapi bukan berarti harus minum sampai 2 liter.

Kamis, 18 Juni 2015

Mohon Maaf Lahir Bathin, Memasuki Bulan Suci Ramadhan

Disusun jari nan sepuluh ditambah satu dengan kepala.
Dihatur mohon dan ampun dan rila maaf ke hadapan semua sahabat, teman, bapak, ibu, saudara, saudari, adik atas semua kesalahan dan kekilafan saya dalam berinteraksi di dunia maya ini baik tersurat maupun tersirat.

Tak ada postingan dan komentar yg sengaja dibuat untuk menyakitkan hati dan perasaan. Tak ada niat untuk merubah perkawanan/persahabatan menjadi perlawanan/permusuhan. Hanya karena sifat manusia tempatnya salah dan kilaf.

Besok (Kamis, 18 Juni 2015), kami sekeluarga akan memasuki puasa Ramadhan hari pertama. Agar puasa kami lancar dan berkah sebulan penuh, dimohon perkenan maaf dari semua yang terhubung dengan saya di dunia maya.

Sebelumnya, kesalahan dan kekilafan semuanya sudah terlebih dahulu kami maafkan. Semoga puasa kita di tahun ini lancar dan penuh berkah... aamiinn...

Jangan Makan Mie! Tau Kenapa?

Dalam setiap status twitter Uda Iwan Piliang selalu mengingatkan untuk menghindari makan mie instan, seperti salah satu twitnya ini: "Mari kita siapkan dapur umum, msk nasi, ubi, pisang, utk anak2 terutama. Bukan mie instan" (ditwitkan pada jam 10.00 - 17 Jan 2013). Masih banyak lagi twit beliau tentang menghindari makan mie instan ini. Ternyata, apa yg ditulis Uda Iwan betul adanya.
Berikut saya sampaikan kenapa produk mie instan tidak baik dikonsumsi apalagi pada bulan suci Ramadhan besok, di antaranya adalah:
1. Mie kirin isteri atau suami orang lain
2. Mie jitin bini atau laki tetangga
3. Mie ting berdua dengan isteri atau suami orang lain
4. Mie pisin kepala orang
5. Mie lih-mielih baju untuk lebaran tapi gak jadi beli
6. Mie ndahin kotoran ke rumah pak RT
7. Mie sahin pasangan suami isteri

Sekali Lagi, Rokok Membuat Saya Geram

Seorang sahabat menyampaikan kabar duka atas meninggal dunianya seorang sahabat. Ketika saya tanyakan apa penyebab meninggalnya, sahabat tersebut mengatakan: "Sakit yg dipicu oleh rokok, itu membuat ada penyumbatan di aliran darah kedua kaki (yang menyebabkan kaki nggak bisa bergerak), lalu fungsi jantung hanya 30%, dan ada dampak tambahan: gagal ginjal. Jadi, kita harus membenci rokok itu, Ndri..."


Saya sudah hampir 5 (lima) tahun membenci rokok itu sahabat. Walau itu membuat sahabat yang lain juga ikut membenci saya. Tapi tidak mengapa. Saya mengajak sahabat yang lain ikut membenci rokok dengan tujuan yang baik. Kalau tujuan yang baik belum diapresiasi barangkali memang cara saya yang belum baik... Semoga sedikit kabar ini bisa kembali mengajak sahabat saya yang lain yang saat ini masih mencintai rokok segera perlahan-lahan meninggalkan rokok... Semoga...... ‪#‎Turutberdukaatasberpulangnyaseorangsahabat‬

Padang Pariaman Sehat, Pelayanan Prima Pemkab Padang Pariaman di Bidang Kesehatan

Bupati Ali Mukhni bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr. Aspinuddin dan Anggota DPRD Kab. Padang Pariaman Mengunjungi Dodi penderita tumor di kening kepala

Program Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di bidang kesehatan yang baru-baru ini dilaunching oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek di aula kantor Bupati Padang Pariaman diberi nama Padang Pariaman Sehat (PPS).

Judul program Padang Pariaman Sehat bukanlah sebuah klaim Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terhadap kondisi kesehatan di Kabupaten Padang Pariaman. Jadi, tidak benar jika ada yang mempertanyakan apakah Kab. Padang Pariaman sudah menjadi Kabupaten Sehat dengan melaunching PPS.

PPS adalah sebuah program kebijakan Pemkab Padang Pariaman yang berkeinginan menciptakan kondisi yang sehat bagi warga Padang Pariaman. Sebagai sebuah program maka jelas tujuannya adalah sesuai dengan judul program tersebut yaitu menjadikan Padang Pariaman sebagai kabupaten yang sehat, meyehatkan, bersih, nyaman, aman dan menyenangkan untuk ditinggali.

Berdasarkan paparan Bupati Ali Mukhni kepada Menteri Kesehatan pada saat launching, PPS adalah adalah paradigma baru dalam pelayanan kesehatan dimana sebelumnya bidan desa dan semua petugas kesehatan lainnya hanya menunggu masyarakat di puskesmas, sekarang menjemput bola dengan mengunjungi rumah warga setiap harinya, dengan tujuan menanyakan apakah ada keluarga yang yang bermasalah kesehatannya, jika ada langsung diobati apabila perlu dirujuk ke rumah sakit dan seluruh biaya di tanggung oleh pemerintah.

PPS melibatkan seluruh pihak supaya masyarakat miskin yang berobat agar bisa “dikeroyok bersama” untuk memberikan pelayanan kesehatan. Contohnya Wali Korong, Wali Nagari, Camat berperan dalam pengurusan BPJS dan bantuan Badan Amil Zakat. Sehingga si pasien tidak perlu untuk mengurus segala bentuk proses administrasi berobat. Masyarakat benar-benar dilayani se prima mungkin oleh Pemerintah Kabupaten.

Sebagai sebuah program pemerintah daerah maka dibutuhkan input berupa rencana, dana, sarana, prasarana, SDM, waktu dan lokasi. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan, sarana penunjang berupa sarana dan SDM yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman adalah sebagai berikut: puskesmas 25 unit, puskesmas pembantu 68 unit, pos kesehatan desa (poskesdes) 50 unit. SDM yang dimiliki Kabupaten Padang Pariaman adalah dokter 44 orang, bidan di puskesmas 295 orang, bidan desa di korong/desa 317 orang, jumlah PNS Dinas Kesehatan 636 orang. Dilihat dari sarana dan SDM maka PPS ini sangat siap dijalankan di Padang Pariaman yang memiliki 17 kecamatan dan 60 nagari dengan warga lebih dari 400 ribu jiwa. Tinggal lagi dukungan dana guna operasional dan pembiayaan melalui BPJS dan Baznas.

Tidak kalah pentingnya dari input di atas adalah kerjasama dan koordinasi dengan aparatur non medis seperti Camat, Wali Nagari, Wali Korong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat lain yang peduli dengan kesehatan masyarakat termasuk dalam hal ini adalah Baznas, Organisasi Perantau (PKDP), BUMD, Ormas, dll.

Tenaga medis adalah pelaku utama dalam PPS. Namun, tanpa dukungan dari berbagai pihak mustahil capaian tujuan program akan terpenuhi dalam waktu 1 tahun anggaran.

Mencermati format PPS ini patut dipuji. Format ini contoh nyata pelayanan prima pemerintah kepada masyarakat. Kalau selama ini, masyarakat sendirilah yang peduli dengan kesehatannya. Jika dia tidak peduli maka kesehatannya tidak ada yang akan memperhatikan. Dengan PPS, seluruh komponen yang terlibat saling mempedulikan kesehatan, terutama bidan yang bertugas di puskesmas, pustu, polindes, posyandu.

Jika tenaga medis atau masyarakat yang mengetahui kondisi buruk dari salah seorang warga maka secepatnya ditangani melalui tindakan medis. Sementara itu tenaga medis melakukan pemeriksaan rutin kesehatan masyarakat melalui kunjungan langsung ke rumah warga atau menghubungi warga melalui alat komunikasi.

Dibandingkan beberapa tahun silam, tidak terbayang oleh kita bagaimana masyarakat masing-masing sibuk memikirkan diri sendiri, pemerintah juga sibuk dengan programnya. Tetapi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah tidak kunjung memuaskan. Terbayang oleh kita, berobat ke rumah sakit berharap bisa sembuh dari penyakit malah mendapat penyakit lain seperti darah tinggi karena menahan marah mendapatkan pelayanan yang buruk dari tenaga medis. Saat ini, pemerintah mulai merubah paradigma melayani masyarakat. Bahkan dengan PPS masyarakat dikunjungi untuk diperiksa kesehatannya. Jika dilakukan tindakan medis akan dibiayai oleh BPJS, Jamkesmas, Jamkesda dan Baznas.

Tahun 2005, penulis pernah mendengar langsung pada sebuah acara resmi pemerintah, mantan Bupati Padang Pariaman, Muslim Kasim menyampaikan program berobat gratis di Padang Pariaman. Di sebelah saya seorang pegawai Dinas Kesehatan bergumam, "Program yang sangat sulit untuk dilaksanakan," katanya pesimis. Bayangkan, pegawai Dinkes menyangsikan program berobat gratis bagi masyarakat. Kemudian terbayang juga perlakuan tenaga medis di rumah sakit, puskesmas yang sangat buruk. Apalagi si pasien memakai Askes (BPJS) atau bermodal surat keterangan tidak mampu dari Wali Nagari dan Camat. Maka, tidak heran program di bidang kesehatan banyak yang mergaukan keberhasilannya.

Harapan masyarakat, dengan program PPS ini kesehatan masyarakat dapat terjamin terlebih lagi masyarakat yang kurang mampu atau miskin. Program ini akan menjadi dambaan bagi masyarakat yang ingin menikmati kesehatan guna menjalani kehidupan dan mencari penghidupan.
Jika masalah kesehatan sudah ditanggulangi oleh pemerintah maka masyarakat bisa konsentrasi bekerja mencari nafkah dan anak-anak belajar dengan tenang.

Masyarakat juga berharap, pelayanan pemerintah lainnya akan seperti PPS terutama di bidang keamanan, ekonomi dan sosial. Semoga.

Tulisan ini dimuat di Harian Haluan http://issuu.com/haluan/docs/hln200515/c/suvkkb3

Postingan Singkat di Facebook

 1.
Dalam sebuah episode mimpi tadi malam, seorang rekan wartawan yang biasa mangkal di Bagian Humas mewancarai saya dengan pertanyaan berandai-andai. "Seandainya pak Andri jadi Bupati, apa hal pertama yang akan dilakukan?" tanyanya. Saya jawab dengan cepat dan tegas: "Hal pertama yang akan saya lakukan adalah pergi ke Mahkamah Konstitusi untuk mendaftarkan gugatan judicial review terhadap semua UU yang menghambat Kepala Daerah melakukan kreasi dan inovasi di daerah!"

2.
Zaman dulu, orang mencari ilmu dan hikmah dengan melihat ke langit atau pergi menjelajah ke pelosok negeri menemui banyak orang menimba ilmu. Zaman sekarang cukup melihat ke bawah sambil mengetuk-ngetuk gadget di tangan...

3.
Ada asam urat, asam lambung, kolesterol, darah tinggi, diabetes, tipes, tumor, kanker, migrein, difteri, stroke, vertigo, dll... Begitu banyak jenis penyakit manusia saat ini. Namun tak membuat manusia sibuk menjaga kesehatan dg perilaku hidup sehat, olahraga dan istirahat teratur. Setelah penyakit datang menghampiri baru sibuk cari obatnya.

4.
Dialog seorang paramedis dengan temannya. Paramedis: "Saya paramedis swasta. Kalau pasien tidak ada maka saya tidak punya gaji untuk diri sendiri, bayar kontrakan tempat praktek, bayar listrik, bayar gaji perawat." Temannya mengomentari: "Doakan saja banyak orang sakit." Si paramedis senyum manyun...

5.
Kalau dibandingkan musik Hindustan, musik modern Indonesia secara komposisi sangat sederhana, minimalis, kurang ngebeat dan mono. Tempo dan dinamikanya pun lebih didominasi melow, sendu, mendayu dayu. melankolis. Sedikit yg menghentak, gembira dan ceria. Apakah ini ceerminan watak orang Indonesia yg suka melankolis romantis? ‪#‎sokjadipengamatmusik‬

6.
Secangih canggihnya media komunikasi, yang namanya bersua muka itu tetap menjadi kebutuhan. Maka berbahagialah orang yg diberi keluasan waktu dan kesempatan untuk bisa bersilaturahim langsung tanpa perantara media komunikasi.

7.
Di Jakarta, dari gadis baik-baik pake hijab sampai yang hampir nggak pake baju masih berkeliaran di jalan-jalan ibukota itu mah biasa, kata si bapak tua penjual asongan ketika kutanya kenapa sudah jam 12 malam mereka masih berkeliaran ‪#‎pertanyaanlugu‬ (Kalau di kampungku pasti sudah ditangkap Satpol PP, batinku).

8.
Ternyata di Indonesia banyak Mafia. Ada Mafia Migas, Mafia Hukum, Mafia Pendidikan, Mafia Bimbel, Mafia Ijazah, Mafia Bisnis, Mafia Air dan terakhir Mafia Bola. Jangan-jangan semua bidang kehidupan di Indonesia sudah dikuasai oleh Mafia? Kata teman, mafia itu penjahat berpakaian seperti penjabat (berarti mafia itu bukan pejabat, tetapi penjahat yg pura pura menjadi pejabat berpakaian necis dgn muka klimis).

9.
Kamu dikasihi ketika lahir. Kamu akan dikasihi ketika wafat. Diantara kedua fase kehidupan itu, kamu harus memeliharanya. Maksudnya, memelihara hubungan silaturahim, cinta dan kasih sayang kepada sesama. Selamat pagi, selamat beraktivitas menjalani kehidupan, menjemput nikmat dan berkah dari Allah SWT.

10.
Ungkapan bagus: "Jika engkau ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tapi jika engkau ingin berjalan jauh, jalanlah bersama-sama." » Teknik memimpin dan membuat Tim Kerja (Team Work).

Jumat, 15 Mei 2015

Menikah Itu Berat dan Penuh Masalah

Saran untuk bujang dan gadih yang belum menikah.
Banyak yang menyarankan saudara untuk segera menikah. Menikah itu enak dan asyik, kata mereka. Rugi kalau belum menikah tambahnya lagi.
Jangan percaya kata mereka. Menikah itu berat dan penuh masalah. Baru tahap meminang saja sudah muncul masalah. Masalah mahar, uang jemputan, uang hilang, uang urak selo, uang sewa tenda, uang sewa orgen, hari/tanggal menikah, buat undangan, menyebarkan undangan, sewa fotografer, dll. Semua masalah itu menumpuk menjadi satu dan masalah utama dari semua itu adalah masalah uang. Jika uang tidak ada maka terpaksa berhutang. Setelah menikah dipikirkan cara membayarnya. Untung-untung alek balabo. Masih untung juga kalau sanak famili mau beriuran, patungan menalangi biaya menikah.
Setelah menikah akan muncul masalah baru, masalah tempat tinggal, keperluan rumah tangga, pekerjaan, belanja dapur, anak mau lahir, anak lahir, anak mau sekolah, anak bertengkar, anak sakit, dll. Kalau dirinci lebih lanjut akan berderet masalah yg akan muncul.
Apakah saudara takut?
Kalau saudara takut menghadapi semua masalah tersebut maka dengan sangat menyesal saya katakan saudara pengecut yang tidak berani menghadapi masalah. Padahal, setiap tarikan nafas dalam kehidupan ini adalah masalah. Namun, bagi si pemberani tidak akan mengelak menghindari masalah yang ada. Dia akan hadapi dan mencarikan solusinya. Di saat dia menemukan solusinya, dia akan merasa bertambah hidup dan menemukan kebahagiaan dalam hidup. Ketika saudara hidup sendiri pun tidak luput didatangi masalah. Kenapa ketika saudara berdua dengan pasangan malah menjadi takut menghadapi masalah. Berdua menghadapi masalah lebih ringan dibanding sendirian. Untuk itulah, saran saya, cepat-cepatlah menikah.
Nikmati dengan bahagia masalah yang dihadapi. Tidak ada masalah yang berat yang akan ditimpakan Allah kepada orang yang kuat dan yakin Allah akan membantunya menghadapi masalah yang ada.
Surat An-Nur - 24:32

ﻭَﺃَﻧﻜِﺤُﻮا۟ ٱﻷَْﻳَٰﻤَﻰٰ ﻣِﻨﻜُﻢْ ﻭَٱﻟﺼَّٰﻠِﺤِﻴﻦَ ﻣِﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩِﻛُﻢْ ﻭَﺇِﻣَﺎٓﺋِﻜُﻢْ ۚ ﺇِﻥ ﻳَﻜُﻮﻧُﻮا۟ ﻓُﻘَﺮَآءَ ﻳُﻐْﻨِﻬِﻢُ ٱﻟﻠَّﻪُ ﻣِﻦ ﻓَﻀْﻠِﻪِۦ ۗ ﻭَٱﻟﻠَّﻪُ ﻭَٰﺳِﻊٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ 

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (An-Nur - 24:32)

Mirisnya Nasib Atlit Berprestasi

Seorang atlit daerah yang pernah ikut mengharumkan nama daerah menyampaikan keluhannya kepada saya melalui sms.

"Pak, kenapa atlit-atlit berprestasi yang telah mengharumkan nama daerah di tingkat Provinsi dan Nasional tidak diperhatikan oleh Pemda sekarang? Kalau dulu, mereka diangkat jadi pegawai. Kalau sekarang tidak diperhatikan. Sia-sia saja atlit berprestasi, bersusah payah membela daerah," katanya sinis.

SMS di atas saya posting ke halaman Facebook dan mendapat tanggapan yang beragam, antara lain:

Zahirman Kadar: Betul tu Andri Satria Masri, Pemerintah hanya tahu disaat mereka meraih prestasi karena memberikan kebanggaan, namun setelah itu dilupakan. Selaku insan olahraga (Ketua Taekwondo Indonesia Padang Pariaman) kami mengharapkan Pemerintah menjadikan atlet sebagai pahlawan bangsa dengan memperhatikan kehidupan mereka terutama masa depannya dan memberikan penghargaan yg setimpal..

Syafruddin Al: Ajo zahir, ka ambo banyak lo pemerintahbko bajanji. Malah di adok an urang sakampung gai, satalah awak pai, janji ko dibao anok se lai....itulah gaya pemerintah kale, suko manina bobok an rakyat. Jalang pilkada, janji ko diulang lo liak (Ajo Zahir, kepada saya banyak juga pemerintah ini berjanji. Malahan di depan orang sekampung, setelah saya pergi, janji tersebut tidak pernah direalisasikan...itulah gaya pemerintah, suka menina bobok an rakyat. Menjelang Pilkada, jani tersebut diulang kembali).

Tamrin Akuntan: Contoh Nanda Talambenua.

Tomy E. Mhista: Begitu juga dengan qori dan qori'ah terbaik daerah...

Membaca komentar-komentar yang muncul saya menjawab seperti ini:
Menurut saya, pemerintah ada niat untuk memperhatikan orang-orang yang berjasa bagi daerah. Misal seperti atlet berprestasi, qori berprestasi, pemilik tanah yang menghibahkan tanahnya untuk sekolah atau gedung pemerintah, dll. Hanya saja permintaan orang-orang ini adalah ingin jadi pegawai pemerintah minimal mendapat rekomendasi kemudahan menjadi pegawai. Dalam aturan kepegawaian tentu saja hal ini sangat sulit dilakukan. Kalau dulu ada peluang dijadikan PTT, sekarang tidak ada lagi istilah PTT. Dalam UU ASN yang ada adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak disingkat P3K. P3K ini sebenarnya mirip dengan PTT tetapi untuk menjadi P3K harus melalui proses penerimaan yang hampir sama dengan PNS. Kalau dipaksakan juga menerima mereka menjadi pegawai tentu akan menjadi temuan yang sangat merugikan pejabat yg menerima tersebut.

Jawaban saya tersebut kemudian mendapat respon dari:

Zahirman Kadar: Pak Andri Satria Masri, masalah ini bukan hanya di daerah tapi seluruh tanah air. Kalau Pemerintah dan semua pihak punya niat memperhatikan orang-orang yg telah berjasa bagi negeri ini tentu bisa diwujudkan dg merobah regulasi atau membuat aturan baru...Kalau Jokowi mau, pasti bisa..

Akhirnya diskusi tersebut saya simpulkan seperti di bawah ini:
Untuk scope daerah ada beberapa ide solusi yang bisa diterapkan dengan catatan Permintaan untuk menjadi pegawai jelas sangat sulit dilakukan kecuali ada kebijakan dari pusat membolehkan. Bagi qori qoriah lebih tepat diakomodir oleh Kementerian Agama atau LPTQ Kabupaten menjadi pelatih atau pengurus tetap yang diberi gaji/honor tetap. Namun ini perlu diingat, qori qoriah terbaik setiap tahun akan terus muncul dan akan meminta hal yang sama dengan pendahulunya. Untuk atlit berprestasi bisa dijadikan pelatih dg gaji/honor tetap. Ini juga harus mempertimbangkan kemunculan atlit berprestasi setiap tahunnya. Atau bisa saja difasilitasi membuka usaha dg bantuan modal dan pelatihan usaha. Untuk pemilik lahan (sekolah/kantor pemerintah) dibangunkan kedai toko makanan/ATK di samping sekolah/kantor pemerintah plus bantuan modal awal. Dana untak membiayai itu semua bisa dialihkan dari bonus-bonus yang dijanjikan utk yang berprestasi.


Kamis, 07 Mei 2015

Loyal Pada Pimpinan Bukan Berarti Menjilat

Seorang bawahan di mana saja dia bekerja, wajib hukumnya loyal terhadap pemimpinya.

Orang lain mungkin melihat dia "menjilat" atau "ambil muka".

Jika pemimpinnya salah ada mekanisme tersendiri untuk memberitahunya. Bisa melalui rapat tertutup atau kalau di PNS ada namanya Telaah Staf.

Kalau mengkritik pimpinan di muka orang banyak, diragukan kesetiaannya kepada pemimpin. Orang seperti itu layak untuk dibina, melalui pendisiplinan...

Keseimbangan Alam

Dunia ini diatur Tuhan dengan sistem keseimbangan. Tidak ada yang berlebih atau kurang takarannya.
Dalam mengatur jumlah hewan di hutan ada sistem rantai makanan. Jika saja rantai ini tidak ada maka yang kuat akan banyak jumlahnya dan hutan menjadi tidak harmonis. Jika rantai makanan ini rusak maka hewan-hewan akan mencari titik keseimbangan baru dengan mencari makanan di luar habitatnya.
Iklim dan suhu dunia pun menganut sistem kesimbangan. Ketika suhu dunia meningkat maka salju di Kutub Utara, Kutub Selatan dan puncak gunung tertinggi mencair untuk mendinginkannya.
Jumlah air dan udara pun seimbang dan tetap jumlahnya. Tidak ada yang berlebih atau kurang. Jika terjadi kelebihan dan kekurangan maka alam akan mencari keseimbangan baru. Dalam mencari keseimbangan baru itu akan terjadi pergeseran dan perubahan alam. Dan perubahan itu akan merubah bentuk dasar yang ada. Maka di sinilah sering terjadi bencana alam.
Jika keseimbangan alam terganggu maka alam akan membentuk keseimbangan yang baru dengan menorobos halangan dan hambatan yang ada.
Mari jaga keseimbangan alam dengan ramah terhadap alam... Karena di alamlah kita hidup. Jika kita tidak ramah pada alam maka alam tidak akan bersahabat lagi dengan kita maka bersiaplah menyambut kemarahan alam...

Ramadhan-ku Waktu Kecil

Seingatku, aku mulai dikenalkan berpuasa oleh orang tua sejak umur 4 tahun. Setiap sahur, berbuka dan sholat Taraweh aku selalu diikutkan. Walau sebenarnya aku tidak tahu untuk apa sahur, berbuka dan Taraweh. Yang aku ingat, aku senang dan bahagia mengikuti setiap aktivitas tersebut karena waktu itulah kebersamaan itu terasa. Orang ramai-ramai makan bersama setiap pagi sebelum Shubuh dan Maghrib. Di luar bulan puasa mana ada acara makan-makan bersama kecuali kalau ada acara baralek (pernikahan).

Kalau Taraweh, aku selalu diajak oleh nenek. Jarak masjid dari rumah tidak begitu jauh, kira-kira 100 meter. Aku selalu dikenakan pakaian muslim laki-laki atau sekarang dikenal dengan baju koko. Jemaah masjid gemas melihatku rajin menemani nenek ke masjid untuk Taraweh apalagi dengan menggunakan pakaian taqwa dan kopiah hitam. Pada saat anak-anak kecil sibuk bergelut di pelataran masjid ketika orang sholat aku lebih suka mengikuti bapak-bapak sholat Isya, mendengarkan ceramah Ramadan dan Taraweh berjamaah, walau terkadang lebih sering keletihan karena jumlah rakaatnya 23.

Beranjak umur 7 ketika masuk SD, aku sudah mulai ditegaskan oleh orang tua untuk berpuasa 1 hari penuh tidak setengah hari seperti sebelum-sebelumnya. Karena sudah dididik sejak umur 4 tahun aku tidak merasa berat melaksanakan puasa 1 hari penuh. Bahkan, yang aku ingat adalah puasa berarti sering makan bersama, sholat berjamaah di masjid, dapat baju baru dan sepatu baru di akhir Ramadhan serta banyak makanan enak-enak saat Lebaran.

Sebagai anak-anak di kota Padang, kami punya tradisi menambang yaitu silaturahim ke rumah-rumah tetangga baik yang dikenal maupun yang tidak sambil mengharapkan si empunya rumah memberi kami uang THR atau uang tambangan. Setelah puas berkeliling dalam rangka menambang maka kami akan membelanjakan uang tersebut mainan anak-anak. 

Mainan favoritku waktu kecil adalah senjata mainan baik yang berisi air, butiran peluru maupun sekedar hanya berbunyi ketika ditarik pelatuknya.

Bagiku, Ramadhan adalah bulan kesenangan, kebersamaan dan berakhir dengan kebahagiaan.

Keterangan: Ini tulisan tahun 2011, tepatnya 18 Agustus 2011 yang kutulis dalam rangka mengikuti lomba menulis tentang Ramadhan yang diselenggarakan oleh Telkomsel melalui blog Kompasiana.com (http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/08/18/ramadhan-ku-waktu-kecil-389329.html)

Senin, 13 April 2015

Surat Cinta Tentang Sholat

Bila engkau anggap solat itu hanya penggugur kewajiban, maka kau akan terburu-buru mengerjakannya.

Bila kau anggap solat hanya sebuah kewajiban, maka kau tak akan menikmati hadirnya Allah saat kau mengerjakannya..

Anggaplah solat itu pertemuan yang kau nanti dengan Tuhanmu.

Anggaplah solat itu sebagai cara terbaik kau bercerita dengan Allah swt.

Anggaplah solat itu sebagai kondisi terbaik untuk kau berkeluh kesah dengan Allah swt.

Anggaplah solat itu sebagai seriusnya kamu dalam bermimpi.

Bayangkan ketika "azan berkumandang", tangan Allah melambai ke depanmu untuk mengajak kau lebih dekat dengan-Nya.

Bayangkan ketika kau" takbir", Allah melihatmu, Allah senyum untukmu dan Allah bangga terhadapmu.

Bayangkanlah ketika "rukuk", Allah menopang badanmu hingga kau tak terjatuh, hingga kau rasakan damai dalam sentuhan-Nya.

Bayangkan ketika "sujud", Allah mengelus kepalamu. Lalu Dia berbisik lembut di kedua telingamu: "Aku Mencintaimu hambaKu".

Bayangkan ketika kau "duduk di antara dua sujud", Allah berdiri gagah di depanmu, lalu mengatakan: "Aku tak akan diam apabila ada yang mengusikmu".

Bayangkan ketika kau memberi "salam", Allah menjawabnya, lalu kau seperti manusia berhati bersih setelah itu...

Subhanallah sungguh nikmat solat yang kita lakukan. Tidak rugi orang yang membacanya,

Beruntunglah orang yang mengamalkannya.

Sumber: Kiriman Ahmad Yani

3 x 1/2 Menit

Dokter Ahli Syaraf sering berpesan, "Setiap orang harus memperhatikan 3 x ½ menit."

Kenapa demikian?

3 x ½ menit adalah sesuatu yang cuma-cuma, tetapi akan banyak mengurangi angka kematian secara tiba-tiba!

Sering kali terjadi seseorang siangnya masih sehat walafiat, tetapi malamnya meninggal. Tidak jarang kita mendengar cerita orang, kemarin saya masih ngobrol dengan dia, kenapa tiba2 dia meninggal?

Penyebabnya adalah ketika bangun malam untuk ke kamar mandi sering dilakukan secara terlalu cepat. Begitu berdiri, otak kekurangan darah.

Mengapa perlu "3x ½ Menit"? Karena pola ECG (Electro Cardiogram) seseorang normal pada siang hari, tetapi bangun tengah malam untuk melaksanakan hajat tiba2 gambar ECG itu dapat beda. Karena dengan tiba2 bangun, otak akan menjadi anaemic, dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah.

Dianjurkan oleh para ahli untuk menjalankan "3 kali ½ menit", yakni:
1. Bila terbangun, jangan langsung turun dari tempat tidur, tetapi berbaringlah selama ½ mnt.
2. Duduk di tempat tidur selama ½ mnt.
3. Turunkan kaki dan duduk di tepi ranjang selama ½ menit.

Selewat 3 x ½ menit yang dilakukan tanpa harus membayar sesenpun, otak tidak akan anaemic dan jantung tidak akan mengalami kegagalan, mengurangi kemungkinan jatuh dan meninggal ketika bangun tengah malam.

Pernah setelah membaca tulisan ini, seorang usia lanjut menangis menyesali kenapa tidak mengetahui hal ini jauh-jauh hari. Dua tahun lalu dia bangun tengah malam untuk buang air kecil. Di kamar mandi tiba-tiba terasa dunia berputar dan jatuh. Akibatnya dia sekarang mengalami kelumpuhan dan tidak bisa meninggalkan tempat tidur, tulang punggungnya mengalami cedera. Kalau saja dia mengetahui hal ini sebelumnya, tentu tidak harus menderita selama ini.

Share ke orang2 yang kita kasihi  untuk mencegah terjadinya stroke muda.

Semoga bermanfaat.:) penting dibaca ya...

Sumber: Kiriman Agustian Piliang

Innalillah wainnailaihii roji'un

Telah meninggal dunia ....
akan disholati di ....
Akan dimakamkan di ...
Setelah sholat ...

"Kelak, namamu dan namaku akan mengisi ... di atas. Cepat atau lambat."

Maka perbaiki amal!! Isi sisa-sisa umur dg sebaik-baiknya.

Kematian tidak menanti keistiqomahan dirimu. Istiqomahlah! Dan tunggulah kematian. Pergaulilah manusia dg akhlak yg mulia.

Drama 90 menit ...
Sinetron 60 menit ...
Film 130 menit ...
Sholat 5 menit!!

Jahannam sepanjang masa,,
Sorga sepanjang masa,,
Hendaklah akal2 kita berfungsi!!

Teman di WA 300 orang,,
Teman di phonbook 200 orang,,
Tetangga di komplek 100 orang,,
Namun,,,

Ketika kita susah, (1),,
Yang menanti jenazah kita (keluarga),,
Di kubur (sendiri),,

Jangan heran, inilah realita hidup,,,

Ternyata yg bermanfaat hanyalah sholatmu!!

Jila Alquranmu berdebu, maka menangislah!!
Karena barangsiapa meninggalkan membaca Alquran 3 hari berturut_turut, dia telah mengabaikan Alquran,,,

Jenazah demi jenazah,, kematian demi kematian,,
Berita duka bagaikan kilatan petir,,
Fulan tertabrak mobil,,
Yg lain karena sakit, yg lain lagi jatuh ketika jalan pagi,,
Semuanya meninggalkan dunia di belakang punggung mereka,,
Kita memakamkannya di bawah tanah,,
Pasti, akan tiba waktuku dan waktumu. Maka siapkanlah bekal untuk perjalanan yg tak kan kembali ini,,,

Bagi yg menunda taubat krn alasan masih kecil dan muda,  pemakaman tak tertulis di sana "khusus orang tua" ...

Dunia ini hanya 3 hari ...
Kemaren: sudah kita lalui dan tak kan kembali,,,
Hari ini: kita jalani dan tak kan abadi,,,
Besok: kita tak pernah tau di mana kita besok,,,

Maka maafkan, relakan dg tulus,,
(Saya), (anda), (mereka)
Pasti pergi........

Ya Allah,, kami memohon kepadaMu khusnal khotimah, selamat dengan memasuki SorgaMu dan terbebas dr api neraka!!

Saudaraku, barangsiapa hidup di atas sesuatu maka ia akan dibangkitkan seperti itu ...
Barangsiapa mati di dalam keadaan sesuatu, dia akan dibangkitkan seperti itu.

Sumber: Kiriman dari Agustian Piliang di BBM

Yuk Blokir Nomor Penipuan

Seringkali kita mendapat SMS penipuan yang menyatakan kita menjadi pemenang kuis, SMS yang pura-pura nyasar tentang transfer uang, mama minta pulsa, agen pulsa super murah, dan sebagainya.

Mulai kini jangan kita biarkan, penipuan dengan modus ini berjalan lancar, karena sudah ada cara untuk menanggulanginya :

1. TELKOMSEL

FORMAT SMS :
Penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan.
KIRIM KE : 1166

Contoh : penipuan#081212345678#Selamat Anda mendapatkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin.

lalu kirim ke 1166

2. XL

FORMAT SMS :
Lapor#nomor penipu#kasus yang dikeluhkan.

KIRIM KE : 588

3. INDOSAT

 FORMAT SMS : SMS (spasi) nomor penipu (spasi) isi SMS tipuan.

KIRIM KE : 726

Jika sudah lebih dari 2 orang yang melaporkan nomor SMS si penipu, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator.

Ingat,, Layanan ini gratis

Jika Anda mengalami penipuan dalam "Transaksi ONLINE" cukup kirim kronologis, dan nomor rekening si penipu ke email

"cybercrime@pol-ri.go.id"

POLRI akan bertindak langsung, dengan memblokir ATM si penipu, dan melacak keberadaannya untuk di tindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Bagikan ke saudara, atau rekan Anda yang lain, untuk membantu mencegah maraknya penipuan dengan modus online.

Terima kasih.

Sumber: BC dari teman BBM

Tips Aman Berkendaraan di Malam Hari

Jika anda mengemudi di malam hari dan tiba-tiba kaca mobil depan dilempar dengan TELUR, JANGAN operasikan wipper/ semprotkan air/ cairan apapun...!!! Telur yg terlempar jika dicampur dengan air akan berubah putih seperti susu & akan menghalangi penglihatan Anda sampai dgn 92.5%! Sehingga anda terpaksa berhenti di pinggir jalan dan risikonya sdh dipastikan akan jadi korban perampokan!!!!!

Ini modus terbaru yang digunakan oleh perampok di jalan pada waktu malam hari.

Telur ini bukan sembarang telur, komplotan perampok sengaja mencampur telur dengan campuran zat tertentu & apabila tercampur dengan cairan atau air akan berubah seperti air susu yang kental.

Harapan perampok!!! Disaat telur dilemparkan, otomatis pengendara akan mengoperasikan wipper dan menyemprotkan air ke kaca depan mobil, Telur kmdn dgn cepat menutupi hampir seluruh bagian kaca depan akibat sapuan wiper.

Pengemudi terpaksa berhenti dan turun dari mobil untuk melihat apa yang terjadi. Saat itulah pelaku beraksi dan menodongkan senjata tajam ke pengemudi dan melancarkan aksinya untuk merampok.

Pada kesempatan itu, pelaku perampokan yang sudah mengintai, akan menyergap anda ketika sibuk membersihkan kaca mobil.

Bila modus pelemparan telur ini terjadi pada anda maka tindakan yang anda harus lakukan antara lain:

1. Bila kendaraan sedang melaju kencang perlu kiranya mengurangi kecepatan namun kendaraan tetap berjalan (jangan terlalu pelan apalagi berhenti).

2. Jangan menghidupkan atau mengaktifkan wipper agar pecahan telur tidak merata, usahakan tetap dapat melihat kedepan dengan memanfaatkan celah-celah pecahan telur yang menempel di kaca depan

3. Menghentikan kendaraan untuk membersihkan kotoran/pecahan telur hanya bila sudah menemukan tempat yang diyakini cukup aman, yaitu daerah yang cukup ramai nj atau di dekat kantor Polisi.

Sumber: BC seorang teman BBM

Hati Tertutup Karena Meninggalkan Shalat Jum’at

Tidak sedikit di antara kaum muslimin yang lalai akan kewajiban shalat Jum’at. Sampai seringkali meninggalkannya. Padahal shalat ini adalah kewajiban yang tidak perlu lagi disanksikan. Dalil pendukungnya pun dari Al Qur’an, As Sunnah dan kesepakatan para ulama (baca: ijma’). Maka sudah barang tentu yang meninggalkannya akan menuai petaka yang menimpa jasad dan lebih parah lagi akan merusak hatinya.

Kewajiban shalat Jum’at ditunjukkan dalam ayat,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah.” (QS. Al Jum’ah: 9). Kata kebanyakan pakar tafsir, yang dimaksud ‘dzikrullah’ atau mengingat Allah di sini adalah shalat Jum’at. Sa’id bin Al Musayyib mengatakan bahwa yang dimaksud adalah mendengar nasehat (khutbah) pada hari Jum’at. (Zaadul Masiir, Ibnul Jauzi, 8: 265)

Dikuatkan lagi dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

“(Shalat) Jum’at adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dalam jama’ah kecuali bagi empat orang: budak yang dimiliki, wanita, anak kecil dan orang yang sakit.” (HR. Abu Daud no. 1067. Kata Syaikh Al Albani, hadits ini shahih)

Begitu pula disebutkan dalam sabda lainnya,

رَوَاحُ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ

“Pergi (shalat) Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang telah mimpi basah.” (HR. An Nasai no. 1371. Kata Syaikh Al Albani, hadits ini shahih)

Lalu bagaimana jika seseorang meninggalkan shalat Jum’at? Apa akibat yang menimpa dirinya?
Ulama terkemuka di Saudi Arabia yang berdomisili di kota Riyadh dan sangat mumpuni dalam hal aqidah, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir Al Barrok hafizhohullah ditanya, “Apa akibat yang diperoleh orang yang tidak menghadiri shalat Jumat? Apa hadits yang menerangkan hal tersebut?

Jawab Syaikh hafizhohullah,

Shalat Jum’at adalah shalat yang wajib bagi orang yang tidak memiliki uzur. Barangsiapa meninggalkannya, ia terjerumus dalam dosa besar. Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, hatinya akan tertutupi. Dan ia termasuk orang-orang yang lalai. Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya dari Abu Hurairah dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, keduanya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata ketika beliau memegang tongkat di mimbarnya,

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الْغَافِلِينَ

Hendaklah orang yang suka meninggalkan shalat jumat menghentikan perbuatannya. Atau jika tidak Allah akan menutup hati-hati mereka, kemudian mereka benar-benar akan tergolong ke dalam orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim no. 865)
Dalam hadits lain disebutkan,

مَنْ تَرَكَ ثَلاَثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

Barangsiapa meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena lalai terhadap shalat tersebut, Allah akan tutupi hatinya.” (HR. Abu Daud no. 1052, An Nasai no. 1369, dan Ahmad 3: 424. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih). Ini akibat yang menimpa hati. Musibah ini lebih bahaya dari akibat yang menimpa jasad atau kulit seseorang.
Sedangkan hukuman duniawi, hendaklah ulil amri (penguasa) memberi hukuman pula bagi orang yang meninggalkan shalat Jum’at tanpa ada uzur agar mencegah tindak kejahatan mereka. Hendaklah setiap muslim bertakwa pada Allah, janganlah sampai ia melalaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan. Jika seseorang lalai dalam demikian, maka ia akan menuai petaka dari Allah. Jagalah perintah Allah, niscaya pahala Allah akan diraih. Dan Allah akan beri karunia kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

[Sumber fatwa: ahlalhdeeth.com]
Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.

@ Ummul Hamam, Riyadh-KSA, 13 Muharram 1433 H
www.rumaysho.com

Kenapa BBM Sering Error?

Jawaban yang sama jika saya menanyakan kenapa Jakarta Sering Banjir? Atau Kenapa Jakarta Macet Parah?

Sama Seperti Sebuah Website setiap aplikasi akan mengalami Down Jika Traffic terlalu tinggi. Bahkan Operator telekomunikasipun mengalami hal yang sama di saat2 seperti Lebaran.

Di saat BBM hanya bisa di temui pada perangkat BB saja sering terjadi BBM Lemot dan Kita tidak dapat mengganti Foto DP.

Bayangkan dengan Kehadiran BBM di Android dan IOS. Maka semakin tinggi lalu lintas data pada BBM. Apalagi dengan kehadiran BBM Channel.

Blackberry tidak pernah mengumumkan secara resmi bahwa dengan menyebarkan nomor seri tertentu ke seluruh contact akan membuat BBM kita normal dan Foto DP akan muncul dilayar.

ITU HANYALAH KERJAAN ORANG ISENG. Semakin kita ikuti dan BC ke seluruh contact kita dan teman2 di contactlist kita ikut menyebarkan BC BC tersebut, Sama Halnya membuka pintu2 air saat jakarta banjir atau seperti mengalihkan kendaraan2 ke jalur yang sedang macet parah.
So ... Be Smart ...

Tambahan:

Mengatasi BBM Pending dan DP Tidak Bisa Diganti

Penyebab BBM pending atau DP tidak bisa diganti ada 2 faktor:
1. Penggunaan BBM dlm jumlah yg banyal sekaligus atau secara bersamaan. Ketika kita menggunakan BBM secara bersamaan dlm satu waktu maka akan membebani kinerja dari server Blackbery sehingga proses mengirim dan menerima pesan jadi lebih lama begitu jg dg penggantian DP.
2. Kondisi jaringan. Kondisi jaringan di tempat kita berada jg berpengaruh thdp cepat atau lambatnya pesan di BBM sampai. Jika jaringan di lokasi kita berada ada 3G maka pesan akan lebih cepat disampaikan dibandingkan dg jaringan EDGE atau GPRS di BB.

Cara mengatasinya:
1. Lakukan pembersihan log dg cara tekan alt + L,G,L,G kemudian tekan tombol simbol BB dan pilih clear log. Lakukan beberapa kali.
2. Lakukan regsitrasi ulang ke BB dg cara: pilih Option > Advance > Option > Host Routing Table > pilih GPRS ID(510) [51001030] (yg paling atas) > tekan tombol simbol BB > pilih Register Now > Ok
3. Lakukan Diagnostic Test dg cara: tekan tombol simbol BB pilih Option > Mobile Network > tekan tombol simbol BB > pilih Diagnostic Test > tekan timbol simbol BB > pilih Run dan tunggu hingga proses selesai. Jika muncul tulisan "Your Device is in UMA mode cannot RUN TEST". Berarti ada pengaturan yg tdk sesuai. Utk mengatasinya kembali ke Mobile Setting Option > Connection Preference ubah menjadi "mobile network preferred". Jika pengaturan wifi preferred" akan muncul masalah seperti tadi.

Sumber: BC dari seorang teman BBM

Info Penting Tentang Ebola

WHO menyatakan darurat internasional Ebola saat ini terjadi wabah Ebola yg mengancam kita semua. Mohon membantu mengedukasi orang-orang di sekitar anda dengan mengirimkan pesan ini ke seluruh kenalan anda. Patut diwaspadai, namun jangan berlebihan.

Apa itu EBOLA?
Ebola adalah sebuah virus yang menyerang sistem darah. Oleh ilmuwan, Ebola disebut demam haemorraghic - membuat penderita berdarah dari hampir seluruh tubuhnya. Umumnya korban mengalami pendarahan hingga mati.

Ebola sangat menular; ditularkan melalui cairan tubuh: darah, keringat, liur, semen atau cairan lain. Ebola TIDAK ditularkan melalui udara!

Virus ini SANGAT mematikan. Sekitar 90% orang yang terjangkit Ebola akan mati. Salah satu wabah paling mematikan di dunia. Membunuh hanya dalam beberapa minggu. Ebola TIDAK dapat diobati atau disembuhkan.

Bagaimana saya tahu seseorang terjangkit Ebola?
Demam sakit kepala, diare, muntah, letih, ngilu/nyeri sendi dan otot sakit perut hilang nafsu makan.

Lindungi diri anda, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau jangan menggunakan sanitizer tangan yang baik. Hindari kontak fisik yg tidak perlu dengan orang lain. Sebisa mungkin makanlah masakan yang anda masak sendiri. Cuci hama sekeliling anda. Virus Ebola tidak dapat bertahan terhadap disinfectants, panas, sinar matahari langsung, detergen dan sabun. Bersihkan lingkungan. Fumigasi jika anda punya hewan peliharaan. Tikus dapat membawa virus ini. Fumigasi lingkungan anda dan buanglah bangkai hewan dengan selayaknya. Mayat MASIH DAPAT menularkan Ebola. Jangan menyentuh mayat tanpa alat pelindung atau lebih baik jangan menyentuhnya. Lindungi diri anda: Gunakan alat pelindung jika anda harus merawat atau berdekatan dengan orang yang anda duga terjangkit Ebola.

Laporkan setiap gejala mencurigakan pada diri anda atau orang lain secepatnya. Jangan menunda! Mendidik setiap orang. Katakan pada tetangga, rekan kerja dan setiap orang. Demikian semoga berkenan.

Sumber: Anton Castilani, MD, MSc, DFM (Police Senior Superintendent Chief of Police Medical)

Sudahkah Kita Merdeka?

Berkibarlah Merah Putih di langit yg biru.
Gapailah keberkahan bagi bangsaku.
Raihlah kejayaan nusantara.
Dirgahayu NKRI ke-69... Merdeka!!!

Ada yg skeptis menanyakan apakah Indonesia sudah merdeka atau belum.

Ada yg meragukan kemerdekaan Indonesia.

Negara Indonesia sudah merdeka dari penjajahan imperialisme asing.
Indonesia sudah berdaulat. Sudah punya negara sendiri. Sudah punya atribut kenegaraan sendiri yg bebas dikibarkan, dinyanyikan, diucapkan dan diteriakan.

Kita bebas pergi ke mana saja di sudut negeri ini tanpa harus bawa paspor dan visa.

Jika kita belum merasakan kemerdekaan yg hakiki, mari kita @turuntangan membebaskan negeri dari penjajahan tsb. Jangan hanya bisa protes dan teriak bahwa negara ini belum merdeka.

Kalau bukan kita yg membebaskannya siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

MERDEKA!!! Itu cita cita yg harus diperjuangkan dan dicapai...

Mau Sehat? Ikuti Tips Berikut:

1.   Sering makan menjelang tidur bisa kena kanker lambung karena maag tidak dapat istirahat

2.   Hanya boleh makan 4 butir telur per minggu, selebihnya tidak baik

3.   Pantat ayam mengandung karsinogen (penyebab kanker), jangan makan pantat ayam

4.   Makan buah seharusnya before meal, bukan after meal

5.   Saat menstruasi jangan minum teh apalagi teh hijau, sebaiknya makan sesuatu yang bisa menambah darah

6.   Jangan terlalu banyak minum susu kacang, jangan pake telur dan gula

7.   Makan tomat sebaiknya after meal, jangan perut kosong

8.   Tiap pagi bangun tidur minum 1 gelas air putih bisa cegah batu empedu

9.   Tiga jam sebelum tidur jangan makan lagi, bisa gemuk

10.   Jangan minum teh susu atau (teh tarik / buble tea) karena tinggi kalori tinggi lemak tidak bergizi dan bisa darah tinggi kencing manis

11.   Jangan makan roti yang baru keluar dari oven

12.   Charger jangan dekat tempat tidur, harus berjarak 30 cm lebih

13.   Tiap hari minum air 10 gelas bisa hindari kanker kantong kemih

14.   Siang hari harus banyak minum air putih, malam hari harus sedikit minum air putih

15.   Minum kopi jangan melebihi 2 cangkir per hari, bisa menyebabkan insomnia dan penyakit maag

16.   Jangan makan makanan yg tinggi lemak karena butuh 5~7 jam pencernaan, mengakibatkan darah terpusat pada pencernaan dan mengakibatkan ngantuk karena otak kekurangan supply darah

17.   Setelah jam 5 sore jangan makan banyak karena tubuh kita tidak butuh banyak kalori

18.   10 jenis makanan sehat: Ikan laut dalam, pisang, jeruk bali, roti full gandum, sayur bayam, bawang putih, pumpkin, susu low fat, daging ayam, buah Cherry

19.   Kurang tidur bikin otak tumpul, biasakan tidur siang bisa awet muda

20.   Air lemon panas bisa menolong anda seumur hidup

21.   Lemon panas membunuh sel kanker

22.   2~3 irisan lemon dicelupkan dlm 1 gelas air panas, bisa menjadi air alkalin.

Sumber: Kiriman BC dari teman BBM

Selasa, 24 Maret 2015

Negeri Tanpa Ayah


By : Ust Bendri Jaisyurrahman (@ajobendri)

1| Jika memiliki anak sudah ngaku-ngaku jadi AYAH, maka sama anehnya dengan orang yang punya bola ngaku-ngaku jadi pemain bola

2| AYAH itu gelar untuk lelaki yg mau dan pandai mengasuh anak bukan sekedar 'membuat' anak

3| Jika AYAH mau terlibat mengasuh anak bersama ibu, maka separuh permasalahan negeri ini teratasi

4| AYAH yang tugasnya cuma ngasih uang, menyamakan dirinya dengan mesin ATM. Didatangi saat anak butuh saja

5| Akibat hilangnya fungsi tarbiyah dari AYAH, maka banyak AYAH yg tidak tahu kapan anak lelakinya pertama kali mimpi basah

6| Sementara anak dituntut sholat shubuh padahal ia dalam keadaan junub. Sholatnya tidak sah. Dimana tanggung jawab AYAH ?

7| Jika ada anak durhaka, tentu ada juga AYAH durhaka. Ini istilah dari umar bin khattab

8| AYAH durhaka bukan yg bisa dikutuk jadi batu oleh anaknya. Tetapi AYAH yg menuntut anaknya shalih dan shalihah namun tak memberikan hak anak di masa kecilnya

9| AYAH ingin didoakan masuk surga oleh anaknya, tapi tak pernah berdoa untuk anaknya

10| AYAH ingin dimuliakan oleh anaknya tapi tak mau memuliakan anaknya

11| Negeri ini hampir kehilangan AYAH. Semua pengajar anak di usia dini diisi oleh kaum ibu. Pantaslah negeri kita dicap fatherless country

12| Padahal keberanian, kemandirian dan ketegasan harus diajarkan di usia dini. Dimana AYAH sang pengajar utama ?

13| Dunia AYAH saat ini hanyalah Kotak. Yakni koran, televisi dan komputer. AYAH malu untuk mengasuh anak apalagi jika masih bayi

14| Banyak anak yg sudah merasa yatim sebelum waktunya sebab AYAH dirasakan tak hadir dalam kehidupannya

15| Semangat quran mengenai pengasuhan justru mengedepankan AYAH sebagai tokoh. Kita kenal Lukman, Ibrahim, Ya'qub, Imron. Mereka adalah contoh AYAH yg peduli

16| Ibnul Qoyyim dalam kitab tuhfatul maudud berkata: Jika terjadi kerusakan pada anak penyebab utamanya adalah AYAH

17| Ingatlah! Seorang anak bernasab kepada AYAHnya bukan ibu. Nasab yg merujuk pada anak menunjukkan kepada siapa Allah meminta pertanggungjawaban kelak

18| Rasulullah yg mulia sejak kecil ditinggal mati oleh AYAHnya. Tapi nilai-nilai keAYAHan tak pernah hilang didapat dari sosok kakek dan pamannya

19| Nabi Ibrahim adalah AYAH yg super sibuk. Jarang pulang. Tapi dia tetap bisa mengasuh anak meski dari jauh. Terbukti 2 anaknya menjadi nabi

20| Generasi sahabat menjadi generasi gemilang karena AYAH amat terlibat dalam mengasuh anak bersama ibu. Mereka digelari umat terbaik.

21| Di dalam quran ternyata terdapat 17 dialog pengasuhan. 14 diantaranya yaitu antara AYAH dan anak. Ternyata AYAH lebih banyak disebut

22| Mari ajak AYAH untuk terlibat dalam pengasuhan baik di rumah, sekolah dan masjid

23| Harus ada sosokp AYAH yg mau jadi guru TK dan TPA. Agar anak kita belajar kisah Umar yg tegas secara benar dan tepat. Bukan ibu yg berkisah tapi AYAH

24| AYAH pengasuh harus hadir di masjid. Agar anak merasa tentram berlama-lama di dalamnya. Bukan was was atau merasa terancam dengan hardikan

25| Jadikan anak terhormat di masjid. Agar ia menjadi generasi masjid. Dan AYAH yang membantunya merasa nyaman di masjid

26| Ibu memang madrasah pertama seorang anak. Dan AYAH yang menjadi kepala sekolahnya

27| AYAH kepala sekolah bertugas menentukan visi pengasuhan bagi anak sekaligus mengevaluasinya. Selain juga membuat nyaman suasana sekolah yakni ibunya

28| Jika AYAH hanya mengurusi TV rusak, keran hilang, genteng bocor di dalam rumah, ini bukan AYAH 'kepala sekolah' tapi AYAH 'penjaga sekolah'

29| Ibarat burung yang punya dua sayap. Anak membutuhkan kedua-duanya untuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah AYAH dan ibunya

30| Ibu mengasah kepekaan rasa, AYAH memberi makna terhadap logika. Kedua-duanya dibutuhkan oleh anak


31| Jika ibu tak ada, anak jadi kering cinta. Jika AYAH tak ada, anak tak punya kecerdasan logika

32| AYAH mengajarkan anak menjadi pemimpin yg tegas. Ibu membimbingnya menjadi pemimpin yg peduli. Tegas dan peduli itu sikap utama

33| Hak anak adalah mendapatkan pengasuh yg lengkap. AYAH terlibat, ibu apalagi

34| Mari penuhi hak anak untuk melibatkan AYAH dalam pengasuhan. Semoga negeri ini tak lagi kehilangan AYAH

35| Silahkan share jika berkenan agar makin banyak AYAH yang peduli dengan urusan pengasuhan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons